Anti Rayap Kayu – Cara Mencegah Serangan Rayap

Perlu di ketahui rayap adalah serangga sosial yang umumnya dikenal sebagai semut putih. Namun rayap bukanlah semut  Mereka memiliki 3 bagian tubuh utama yaitu, kepala, dada  & perut . Rayap juga yang sudah dikenal luas sebagai hama pengganggu dalam kehidupan manusia.

Rayap  hidup dalam sarang  dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya.

5 Tips Mudah Untuk Mencegah Serangan Rayap

1. Membersihkan Saluran Air dan Selokan

Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan dapat mencegah serangan rayap.

2. Memperbaiki Pipa dan Keran Air yang Bocor

Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah serangan rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.

3. Mengurangi Penggunaan Kayu Didalam Rumah

Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

4. Menjaga Kebersihan Lubang Ventilasi

Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah Anda.

5. Merawat Elemen Kayu Secara Berkala

Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur dapat mencegah serangan rayap.

 

Nah, demikianlah artikel tentang 5 tips cara mencegah serangan rayap yang pada bangunan yang dapat kami sajikan. Semoga Bermanfaat.