Anti Rayap – Mengenal lebih dekat tentang Rayap

Kita pasti mengenal apa itu rayap, banyak sebagian masyarakat indonesia dibikin pusing karena prilaku rayap yang menyantap isi dan bangunan, akhirnya kita mengalami kerugian yang besar, seperti  keropos nya kusen, reng penyangga atap rumah, dan masih banyak lagi. Sekarang ini banyak jasa anti rayap di indonesia yang mempunyai banyak metode untuk pembasmian rayap dan beberapa jenis obat anti rayap, diantaranya dengan cara metode injeksi dan penyemprotan (spraying) dengan bahan dasar chemical, dan juga kita bisa menjumpai dengan metode umpan rayap. Pasti kita sebagai orang awam bingung metode apa yang kita pilih.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang rayap supaya kita bisa mengenal lebih dekat apa itu rayap, bentuknya gimana, bagaimana bisa para koloni rayap menyerang bangunan, dan lain lain

Rayap hidup dalam satu kelompok yang disebut koloni. Dalam setiap koloni rayap terdapat beberapa kasta individu yaitu kasta reproduktif yang disebut raja dan ratu yang bertugas untuk memproduksi telur, kasta prajurit yang bertugas menjaga sarang dan kasta pekerja yang bertugas mencari makanan, melayani sang ratu dan bertani jamur yang dijadikan sumber makanan selain kayu.

Ada beberapa perilaku yang dimiliki  rayap antara lain:

a. Trofalaksis yaitu saling menjilati dan tukar menukar makanan antar sesama individu.

b. Cryptobiotik yaitu sifat rayap yang tidak tahan terhadap cahaya, padahal rayap sejatinya buta.

c. Neurophagy yaitu memakan bangkai individu lainnya.

d. Kanibalistik yaitu memakan individu lain yang sakit atau yang sudah tidak berdaya.

 

Apalagi kita bisa menjumpai beberapa fakta yang ditimbulkan oleh rayap di antaranya :

1. Rayap dapat menimbulkan arus pendek pada listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran pada bangunan.

2. Rayap dapat bekerja selama 24 jam, 7 hari seminggu dan dapat bertahan hidup lebih dari 20 tahun dan menghasilkan telur lebih kurang  20.000 telur per hari.

3. Rayap juga dapat menghancurkan dokumen – dokumen berharga seperti tumpukan dokumen, surat berharga, kardus dll.

4. Rayap dapat menyerang plafon atau atap rumah anda seperti pada kusen pintu dan jendela, furniture sehingga dapat menimbulkan kerugian material dan financial.

5. Rayap dapat menembus dinding melalui celah retakan yang lebarnya kurang dari 0.5mm

Wah jika dilihat rayap yang berukuran kecil sangat gigih dan berjuang untuk mencari konsumsi makanan untuk para koloni nya.

jika kita perhatikan, ukuran tubuh rayap sangat kecil, Coptotermes memiliki ukuran tubuh kurang lebih 3 mm, sedangkan Microtermes berukuran sekitar 2.8 mm sampai dengan 3.9 mm. Kemampuan mensintesis selulosa menjadikan rayap sebagai hama yang sangat berbahaya bukan hanya pada bangunan, tapi bisa pada tanaman perkebunan.

Selain itu beberapa jenis rayap perusak kayu terpenting di Indonesia adalah:

1. Rayap subteran dan rayap tanah (family Rhinotermitidae dan Termitidae): Coptotermes, Schedorhinotermes, Odontotermes, Macrotermes, dan Microtermes.

2. Rayap kayu kering : Cryptotermes.

Rayap tanah menyukai tipe tanah yang banyak mengandung liat dengan kelembaban tinggi, perkembangan optimum dicapai pada kisaran kelembaban 75-90% .

Rayap bisa mencapai sasaran serangan dengan cara seperti:

a. Objek berhubungan langsung dengan tanah.

b. Rayap membangun pipa perlindungan dari tanah sampai obyek serangan.

c. Melalui celah, retak kecil misalnya pada dinding dan pondasi.

d. Menembus obyek-obyek penghalang seperti plastik, logam tipis dan lain-lain.

jika kita ambil kesimpulan, biarpun rayap itu bertubuh kecil, tapi para koloni rayap sanggup membuat kita pusing dan stress apa yang diakibatkan oleh rayap. Anti Rayap Termesnator dengan sistem Termite baiting System, yaitu metode umpan rayap, dengan obat Anti rayap yang ramah lingkungan, tanpa pengeboran, untuk semua jenis rayap tanah, mudah untuk diaplikasi penggunaanya, aman. Apalagi didukung dengan para teknisi yang berpengalaman di bidangnya. Siap membantu anda dalam solusi anti rayap yang terbaik untuk anda.

Semoga isi artikel ini bermanfaat untuk anda.