Hama Rayap – Pembasmi Hama Rayap

Selama ini banyak orang yang menganggap jika rayap adalah jenis binatang yang hanya bisa mendatangkan kerugian saja. Hewan yang hidupnya selalu bergerombol tersebut sering membuat sarang berbentuk gundukan tanah. Jika tanah itu mau digunakan sebagai lahan pertaninan, maka tanaman bisa menjadi rusak atau mati.

Namun tahukah anda bahwa rayap ternyata juga dapat dijadikan pemandu kita untuk menemukan lokasi tambang emas?. Para ilmuwan menduga kuat, sarang rayap dapat mengarahkan manusia ke timbunan emas yang sesungguhnya. Bagaimana bisa?. Stewart dan timnya lalu menganalisa sampel 222 sarang rayap jenis, Tumulitermes tumuli, berupa gundukan tanah di sekitar area yang dikenal kaya emas itu.

Para peneliti menemukan sarang rayap itu mengandung kosentrasi emas tinggi,  lima sampai enam kali lebih tinggi daripada konsentrasi yang ditemukan lebih dari 16 meter dari gundukan. Para ilmuwan menjelaskan secara rinci temuan mereka pada edisi November jurnal Geochemistry: Exploration, Environment, Analysis.

“Konsentrasi emas yang ditemukan di sarang sebenarnya sangat rendah,” kata Stewart. Manusia tak bisa melihatnya kasat mata atau mengekstrak logam mulia itu dari sarang rayap. “Namun, itu memberi indikasi deposit tersembunyi.”

Para Rayap Tak Sengaja Membawa Emas

Bukan sengaja para rayap membawa emas ke sarang mereka. “Namun akibat dari kebiasaan mereka membangun sarang, dari bahan yang bersumber dari kedalaman beberapa meter di bawah permukaan tanah,” kata Stewart.

Temuan mereka menunjukkan serangga itu dapat menggali tiga sampai 13 kaki ke dalam bumi, mencapai batuan yang sarat logam mulia. “Mengejutkan, hewan kecil itu mampu memindahkan material secara vertikal ke sarangnya. Dan mengungkap sumber daya terkubur.”

Stewart dan para koleganya menyarankan para penambang memanfaatkan rayap. Sebab, ia mungkin jadi petunjuk harta tersembunyi jauh di bawah tanah. “Menggunakan sarang rayap bisa membantu perusahaan eksplorasi mempersempit daerah  pengeboran,” kata Stewart. “Itu berpotensi menghemat banyak uang.”

Para ilmuwan pun sering menggunakan serangga itu untuk memandu eksplorasi, Misalnya, para palaeontolog mengais gundukan sarang untuk mencari serpihan tulang fosil. Gigi rayap mungkin membawa serpihan fosil yang ada di bawah tanah itu ke sarangnya. Semoga Bermanfaat.

Konsultasi & Survey Gratis

Kantor        : Jl. H kelik No35B Srengseng jakarta barat

Telp / Fax  : 021 – 98088 991 / 5890 7911

Hotline        : 0812 105 999 46, 0817 0999 446, 0896 0613 6206

Email           : termesnator@gmail.com

Pin BB         : 321 FFDBB