Obat Anti Rayap Jakarta – Peranan Rayap di dalam ekosistem

Makanan utama rayap selain selulosa kayu, juga selulosa yang terdapat pada rumput, kertas, karton, tekstil , tanaman dan lain-lain. Rayap juga mengkomsumsi jamur sebagai bahan makanannya, Rayap pun juga ada yang mengkomsumsi tanah yang mengandung mineral, karbohidrat dan mikroorganisme dalam tanah. Hampir semua jenis kayu potensial untuk dimakan rayap..

Rayap pada umumnya memakan sisa-sisa tanaman dan kayu, akan tetapi mereka tidak memiliki enzim selulosa. Rayap juga merupakan serangga dengan jenis dan populasi yang cukup tinggi. Spesies rayap hampir mencapai 3.000 spesies. Berawal dari kegiatannya sebagai decomposer yang merombak makanannya dan mengeluarkan kotoran yang mengandung unsur dan senyawa organik yang diperlukan tanaman. Fauna tanah ini tidak berbeda dengan fauna tanah lainnya, sama-sama meningkatkan ketersediaan unsur hara dan memperbaiki struktur & aerasi tanah. Sarang rayap tanah yang menggunduk tinggi merupakan simpanan karbon yang berasal dari dekomposisi selulosa kayu yang bercampur dengan tanah dan kotoran rayap berbentuk sarang rayap. Ketika sarang ini ditinggalkan dan rusak atau terkena erosi oleh hujan maka karbon organik dikembalikan lagi ke lingkungan.

Rayap Pekerja

Rayap dapat menyerang tanaman terutama pada batang tanaman yang memiliki selulosa sebagai sumber makanan mereka. Bukan hanya rayap pohon saja yang menyerang tanaman tersebut. Ditemukannya gundukan tanah pada batang tanaman juga membuktikan bahwa rayap subteran (rayap tanah) juga ikut menyerang batang tanaman. Berbeda dengan rayap pohon, rayap tanah menyerang batang tanaman kemungkinan karena populasi rayap tanah yang tinggi sementara ketersediaan makanannya yang rendah, didukung dengan kelembaban sarang yang ideal memungkinkan rayap tanah untuk menyerang batang tanaman hidup tersebut. Rayap tanah membuat lorong-lorong sempit sekaligus sarang dan tempat berlindung mereka dari serangan musuh sepanjang tanah hingga batang tanaman yang diserang.

Ternyata peranan rayap sangat penting di dalam ekosistem, tapi rayap juga bisa sangat merugikan bagi pemilik bangunan, Ahli Anti Rayap Termesnator siap membantu anda untuk pembasmian rayap di dalam bangunan anda dengan teknisi yang berpengalaman di bidang nya.