Ratu Rayap – Rayap Mengandung Protein Tinggi

Kita akan membahas betapa tingginya kandungan protein pada tubuh rayap. Meningkatnya pertambahan populasi manusia di Bumi, yang mendekati angka 8 miliar, tentu akan mempersulit kebutuhan akan bahan pangan. Kekeringan, banjir dan perubahan cuaca lainnya, tentu membuat petani saat ini susah memprediksi hasil panennya. Sedangkan kebutuhan akan sumber makanan kian meningkat dengan signifikan, sehingga bisa dipastikan kita akan mencari alternatif lainnya. Di sisi lain, jumlah serangga kian meningkat, akibat pemanasan global.

Hal inilah yang menginspirasi sekelompok mahasiswa untuk merekomendasikan serangga, sebagai bahan pangan di masa depan. Mahasiswa Universitas McGill di Montreal menyabet Penghargaan Hull 2013, atas pembuatan tepung yang berasal dari serangga.

Dalam Tubuh Rayap Mengandung Protein Tinggi

Tubuh rayap rata-rata sekitar 38 persen terdiri dari protein, bahkan salah satu species dari Venezuela, Syntermes aculeosus, memiliki kandungan protein hingga 64 persen. Rayap juga kaya akan lemak esensial dan asam amino seperti tryptopan.

Tidak mau kalah, di Indonesia hal senda juga di sampaikan oleh ahli rayap yang juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Prof Dodi Nandika, di sela-sela Simposium Kelima Kelompok Peneliti Rayap Asia Pasifik yang diikuti perwakilan 20 negara di Sanur, Bali, menyatakan, berdasarkan penelitiannya sejauh ini, terdapat dua genus rayap yang mengandung protein tinggi, yakni dari genus Macrotermis spp dan Glyptotermes spp.

“Padahal di Indonesia ini ada sekitar 300 spesies, di mana 233 spesies itu ada di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Bayangkan, potensi yang ada pada rayap sebagai sumber bahan makanan alternatif berprotein tinggi. Ini sesungguhnya merupakan berkah tersembunyi dari sifatnya yang lebih kuat sebagai perusak kayu,” kata Dodi.

Menurut Dodi, pemanfaatan rayap sebagai sumber protein tinggi dapat dilakukan mulai dari makanan yang sifatnya sederhana, seperti membuat aneka penganan, seperti rempeyek rayap, hingga mengolahnya menjadi permen. Bahkan, rayap sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk pakan ayam. Mengingat jumlahnya yang besar di Tanah Air, tidak sulit menemukan rayap di sekitar tempat tinggal warga. “Bahkan, jika perlu, rayap diternakkan,” katanya.

Nah, demikianlah artikel tentang rayap yang ternyata disamping rayap adalah hama yang meresahkan dan merusak untuk lingkungan ternyata  rayap juga sebagai sumber protein loh .

Rayap Mengandung Protein Tinggi