Ratu Rayap – Umur Ratu Rayap yang panjang

Ratu rayap merupakan pimpinan dari sebuah koloni rayap. Meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah namun,  ratu rayap dipercaya dapat menentukan masa depan nimfa (bayi rayap) entah itu akan menjadi pekerja, laron atau prajurit dengan menggunakan frekuensi suara tertentu yang di kirimkan kepada nimfa. Semua kebutuhannya Ratu rayap dilayani, ibarat manusia makan pun disuapi.

Tanpa dia, sebuah koloni rayap akan mati secara bertahap, karena tidak adanya regenerasi dari anggota koloni tersebut.

ratu-rayap

Umur Ratu Rayap Yang Panjang

Tahukah anda bahwa Ratu rayap dapat hidup sampai dengan 20 tahun, bahkan lebih. Selama hidupnya ratu hanya bertelur dan tetap berada di inti sarang dan tidak keluar sampai akhir hayatnya. Hanya ada satu ratu di setiap koloni rayap. Ukuran ratu Macrotermes sp dewasa dapat sebesar jempol pria dewasa bahkan lebih.

Oleh karena itu, untuk membasmi dan menghancurkan sebuah koloni rayap, cara yang paling ampuh yakni dengan membunuh ratunya terlebih dahulu.

Dalam sehari Ratu rayap dapat menghasilkan 18.000 telur dan pada masa puncak reproduksinya, ratu rayap dapat bertelur 30 ribu sampai 36 ribu telur setiap hari dan umur ratu rayap dapat mencapai 20 tahun. Umur ratu rayap biasanya lebih panjang bila dibandingkan dengan umur raja rayap. Ratu rayap mempunyai kantung sperma (spermateka) untuk menyimpan sperma pejantan.

Sehingga ratu rayap masih bisa menghasilkan telur tanpa raja rayap selama masih menyimpan sperma dalam spermateka. Tidak seperti Raja semut, Raja rayap setia menemani sang ratu hingga akhir hayatnya. Jika mati, koloni akan membentuk raja dan ratu baru dari kasta pekerja.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda untuk menambah pengetahuan tentang bahayanya rayap di sekitar kita.

Jasa Ahli Anti Rayap

Konsultasi & Survey Gratis

Kantor        : Jl. H kelik No35B Srengseng jakarta barat

Telp / Fax  : 021 – 98088 991 / 5890 7911

Hotline        : 0812 105 999 46, 0817 0999 446, 0896 0613 6206

Email           : termesnator@gmail.com

Pin BB         : 321 FFDBB