Rayap – Siklus Hidup Rayap

Perlu diketahui rayap adalah salah satu jenis serangga yang dalam kehidupannya memiliki strata sosial dan karena makanannya adalah kayu maka rayap adakalanya merusak bangunan dan furniture rumah bahkan untuk perkebunan sering menjadi hama yang merusak tanaman.

Rayap mempunyai tiga bagian utama yang meliputi : Kepala, Toraks, dan abdomen. Banyak orang yang menyebut rayap sebagai semut putih (white ant) karena sepintas keduanya hampir mirip dan berpenampilan yang hampir sama padahal terdapat beberapa perbedaan antara rayap dan semut putih.

Siklus hidup rayap dapat kita pelajari dan pahami dimulai dari bentuk telur lunak berwarna jingga transparan yang kemudian akan berkembang menjadi larva. Larva kemudian akan tumbuh menjadi rayap muda yang disebut Nimfa (nymph). Ketika beranjak dewasa, rayap muda ini akan memilih peran mereka dalam koloni.

Siklus Hidup Rayap Dalam Peran di Dalam Koloninya

Rayap Reproduktif :

1. Berfungsi untuk memperbanyak anggota koloni.

2. Ratu dari beberapa jenis rayap mampu meletakkan 86.000 telur setiap hari.

3. Mampu bertahan hidup hingga enam sampai dua puluh tahun.

4. Pada koloni rayap yang kehilangan ratunya maka akan terbentuk ratu pengganti atau neoten.

Rayap Pekerja :

1.  Merupakan anggota terbesar dari sebuah koloni rayap.

2.  Rayap pekerja selalu sibuk selama 24 jam sehari.

3.  Bertugas memberi makan anggota koloni lainnya, merawat ratu, menjaga telur, membangun dan memelihara sarang serta mengatur keseimbangan energi di dalam koloni.

4. Suka mengembara (foraging) secara kontinyu dengan cara acak (random).

Rayap Prajurit:

1.  Bertugas melindungi koloni dari gangguan luar khususnya dari musuh-musuh alaminya misalnya semut dan rayap dari koloni yang berlainan.

2.  Komposisi dalam koloni berkisar 3-15% dari jumlah pekerja.

Tatkala sebuah koloni rayap menjadi terlalu sangat besar dan ratu tidak dapat bertelur cukup untuk mempertahankan itu, reproduksi seksual oleh rayap reproduksi akan dijalankan untuk meringankan beban ratu. Ratu rayap dan raja rayap sendiri dalam sebuah koloni hanya terdapat satu raja dan satu ratu.

Nah, demikian artikel tentang siklus hidup rayap dan peran dalam koloninya. Semoga dapat menambah wawasan anda, Terimakasih.