Tentang Rayap

Ciri-ciri binatang rayap seperti apa?
Rayap termasuk jenis serangga yang besar tubuhnya sekitar 3 mm. Selain lunak, jalan nya sangat lambat. Namun rayap termasuk binatang purba karena sudah ada sejak 200 juta tahun silam. Rayap sendiri memiliki tiga kelompok, yaitu rayap kayu kering, rayap pohon, dan rayap tanah. Pada musim tertentu, rayap menjadi laron dan berterbangan dibawah sinar lampu secara berpasang-pasangan. Setelah melepas sayap nya, pasangan rayap tersebut melakukan perkawinan dan mencari lokasi untuk membuat koloni.

Apa yang di sukai rayap?
Rayap mengkonsumsi semua material yang mengandung selulosa sehingga kain, kayu, kulit, karet, kertas, kusen pintu, lemari, kayu rangka, kabel, lukisan, gipsum dan lainnya merupakan sumber makanan mereka.

Berapa banyak kayu / bahan mengandung selulosa yang dibutuhkan rayap perhari?
Berat tubuh rayap sekitar 2,5 miligram. Sedangkan satu ekor rayap memerlukan makanan sekitar 0.24 miligram setiap hari. Sekarang tinggal kita menghitung berapa kilogram kayu yang di perlukan satu koloni rayap perhari. Rayap bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Apakah kita bisa terbebas dari rayap?
Tidak, sebaliknya jumlah rayap akan terus semakin bertambah, karena pertambahan jumlah penduduk akan mengakibatkan jumlah rumah meningkat. Akibatnya semakin banyak pula hutan yang dibuka untuk pemukiman. Padahal hutan adalah habitat asli rayap. Karena tidak ada ranting sebagai bahan makanan, maka seperti kusen jendela, pintu, sampai perabotan rumah menjadi sasaran mereka.

Faktor apakah yang mendorong rayap menyerang bangunan?
Antara lain banyaknya kayu yang tertimbun di dalam tanah saat pembangunan, adanya celah pada pondasi tembok, system ventilasi yang kurang baik, kayu yang berhubungan langsung dengan tanah, dan kondisi bio fisik tapak bangunannya itu sendiri yang menguntungkan kehidupan rayap.

Apakah benar rayap dapat menembus tembok?
Benar, karena tubuhnya memang kecil, tetapi memiliki kekuatan yang dahsyat untuk menghancurkan sebuah bangunan. Untuk mencapai sasarannya, rayap dapat menembus tembok yang tebalnya beberapa sentimeter serta apapun bentuk konstruksi bangunan gedung seperti basement, slab atau crawl space, dapat ditembusnya lewat lubang terbuka meskipun celah sekecil satu per-enam empat inchi, baik celah pipa ledeng, celah kayu, dll. Rayap juga dapat membuat lubang di atas pondasi, terus ke atas hingga mencapai kuda-kuda dan di seluruh permukaan tembok, bahkan pernah ditemukan serangan rayap Coptotermes pada bangunan lantai 56 di suatu hotel di hawaii, dan bangunan-bangunan tinggi di Indonesia.

Bisa dikatakan hanya ada dua jenis bangunan:
Pertama adalah Bangunan yang sudah terserang RAYAP dan, Kedua adalah Bangunan yang akan terserang / terancam RAYAP.

Bagaimana cara mengatasi rayap pada bangunan???
Kita bisa menjumpai dengan teknik sistem semprot dan sistem suntik.
Perbedaan Sistem semprot atau suntik ???

  • Cara suntik mempunyai keterbatasan karena melakukan pengeboran yang cenderung merusak keindahan bangunan dan juga menggangu kenyamanan penghuni.
  • Cara suntik hanya membasmi rayap yang kena semprot, namun tidak akan pernah memusnahkan koloni nya.
  • Jika cara campuran racun kimia pun benar pun, hanya bertahan sekitar 12 bulan di iklim panas, setelah racun kimia nya terurai, rayap akan kembali menyerang bangunan.

Kenapa pada bangunan sudah di anti rayap masih bisa diserang rayap ???

  • Sebagian besar pada bangunan sudah disemprot / disuntik dengan ratusan liter racun obat rayap, sekitar 3 – 5 bulan rayap terlihat lagi pada bangunan.
  • Koloni rayap yang terhindar dari serangan / gangguan manusia biasa nya membelokkan jalurnya ke bagian bangunan yang tidak terkena semprot, misal nya rangka atap, kamar, lemari, dll.

Mengapa pemusnahan rayap perlu dimulai sekarang juga???

Apakah anda telah siap kejatuhan plafon???
Rayap bekerja 24 jam sehari, apalagi dalam hasil tes lab ratu rayap mampu bertelur satu perdetik. Bisa di bayangkan jutaan ekor rayap menyantap bangunan anda. Penundaan menyebabkan kerusakan investasi pada bangunan anda semakin meluas.

gbr-6